smktikwt.sch.id – Berkemah merupakan sebuah kegiatan rekreasi di luar ruangan. Umumnya dilakukan untuk beristirahat dari ramainya perkotaan, atau dari keramaian secara umum, untuk melihat keindahan alam. Gugus Depan SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten dan SMK Nusa Taruna 02 Kawunganten telah mengadakan Perkemahan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara di Lapangan Satu Atap, Desa Cikedondong, Kecamatan Bantarsari, Cilacap pada hari Kamis hingga Sabtu, 24-26 Maret 2016. Acara ini dihadiri oleh beberapa alumni dan pecinta pramuka.

Berkemah atau perkemahan adalah salah satu macam kegiatan dalam kepramukaan yang dilaksanakan secara out bond. Kegiatan ini merupakan salah satu media pertemuan untuk Pramuka, tak terkecuali bagi para alumni. Salah satunya Desi Fitranti (19), alumni SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten tahun 2015 ini mengaku sengaja hadir untuk berpartisipasi dalam perkemahan ini.

“Menurut saya di kegiatan ini cukup baik, cukup terorganisasi, untuk dewan Ambalannya diharapkan bisa lebih disiplin lagi, lebih cekatan dalam menghadapi situasi,” ungkap Desi di sela-sela Acara. “Semoga nanti ke depannya untuk generasi penerus akan lebih baik lagi untuk kegiatan berikut-berikutnya,” lanjut karyawati Koperasi Cikalmas, cabang Kutoarjo ini.

Desi pun mengajak para alumni untuk hadir dan berpartisipasi di acara ini, memberi semangat untuk adik-adiknya.

Arif Suprianto (20), yang bukan alumni SMK TI maupun SMK Nusa Taruna pun turut hadir. Alumni SMK Negeri 1 Kawunganten ini mengaku senang diundang oleh panitia. “Untuk pramuka TI itu sendiri, saya tau dari awal gitu loh, yang awalnya masih sedikit, masih polos. Tapi makin ke sini mereka makin maju, berpaiakain makin bagus, anggotanya makin banyak,” ungkap Arif. “Saya ingin melihat, sejauh mana mereka berinvestasi di kegiatan kepramukaan,” lanjutnya.

Masih menurut Arif, kegiatan pramuka bukan hanya tepuk-tepuk dan dihukum. “Banyak kegiatan-kegiatan yang menarik dan mempunyai wawasan di situ, kita dapat bersosial, melatih mental, juga tantangan-tantangan yang memacu adrenalin juga banyak, halang rintang, jalan malam. Terbukti dewan-dewan TI dapat mendidik mereka, karena Gerakan Pramuka ini intinya adalah pendidikan karakter,” ungkap cowok yang suka dengan Pramuka sejak kelas 2 Sekolah Dasar ini.

Fitri, Arif, dan Desi

Arif berharap untuk Dewan Ambalan SMK Tarbiyatul Islam makin ke depan semakin dapat melihat potensi adik-adik kelasnya, semakin membaik serta selalu melakukan improvement (pengembangan -red) dalam kegiatan Pramuka. “Mengikuti itu bagus, tapi akan lebih bagus lagi apabila dia bisa bikin jejak dan bisa diikuti,” tandasnya.