Dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke-71 SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten melaksanakan rangkaian lomba yang dimeriahkan oleh seluruh siswa, Selasa, 16 Agustus 2016. pada pukul 08.00 lomba pidato Bahasa Jawa sukses dilaksanakan, lomba dilaksanakan di lapangan SMK TI Kawunganten, salah satu peserta lomba pidato bahasa jawa adalah Arie Muhayat (16) dari kelas X TKJ, “Saya sangat gugup dan grogi mengikuti lomba ini, walaupun saya sudah menghafal dengan rajin” ungkap Arie Muhayat.

Menurut Panitia Lomba Pidato Bahasa Jawa digelar bukan semata-mata untuk memeriahkan HUT RI yang ke-71 semata, tetapi dimaksudkan supaya siswa lebih mengenal tentang bahasa sendiri yang saat ini banyak diabaikan oleh generasi muda, “Lomba seperti ini sangat bagus, supaya generasi muda kita lebih tahu terhadap bahasa daerah yang saat ini mulai ditinggalkan oleh generasi muda kita” tutur Sutoyo (45) salah satu juri.
Lomba ini dinilai oleh tiga dewan juri dari Dewan Guru SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten yaitu Sutoyo,S.E, Tin Suningsih,S.Pd.I, dan Hesti Laela,S.Pd.

Sementara lomba futsal sarung berjalan sangat meriah, di pimpin oleh Didi Supardi (50) selaku Dewan Juri, lomba ini diikuti oleh 5 anak yang menjadi perwakilan kelas dari 13 kelas dari tiga kompetensi keahlian yaitu Akuntansi (AK), Administrasi Perkantoran (AP) dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Salah satu peserta lomba dari kelas X AK Tio (16), menjadi sorotan peserta karena postur tubuhnya yang mungil dan unyu-unyu, “Meskipun postur saya kecil, tapi saya tetap semangat dan harus menang” tutur Tio penus semangat.
Reporter : Team Jurnalis SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten
Fotografer : Rudy Allan