Apa yang akan kita lakukan kalau ada seorang teman yang mengarahkan kalimat itu kepada kita ?
Tentunya manusia yang hidup dijaman sekarang, ga akan bingung alias repot untuk “melayani” kalimat tersebut.  Why ??  karena telinga kita sudah ga asing lagi dengan yang namanya internet dengan salah satu layanannya yaitu Search  Engine.
Apa itu Search Engine ?? Search Engine adalah tool yang dirancang untuk kegiatan pencarian informasi di dunia maya. Cukup dengan kita memasukan kata kunci maka hasil pencarian akan ditampilkan secara listing yang umumnya disebut sebagai hits.
Gimana sich koq search engine bisa menemukan informasi  berdasarkan kata kunci yang kita masukan ? konsep kerja dari search engine sebetulnya bisa dibagi menjadi 3 tahap garis besar :
  1. Web Crawling atau sering disebut dengan spider  –  search engine akan menelusuri setiap link yang ada pada website, maka itu direkomendasikan agar kita membuat robots.txt atau sitemap yang berisi ringkasan link dari website. Tujuannya agar saat search engine melakukan web crawling, website kita akan masuk kedalam list hasil pencarian
  2. Searching –  data yang ada pada setiap page dalam website kita, akan dianalisis oleh search engine apakah ada kesesuaian dengan kata kunci yang dicari. Maka itu direkomendasikan setiap page diberikan title, heading, atau meta tags hasil dari extracting dari content
  3. Indexing –   tahap ini adalah lastest query, yaitu hasil dari crawling dan searching akan dirangking berdasarkan prosentase kemiripan page yang ditemukan dengan kata kunci yang dimasukan.
Baru dech setelah 3 tahap itu dilalui, kita dapat melihat hasil pencarian yang berupa list di web browser kita. Listing itu bukan sekedar penampilan biasa, tetapi menggambarkan tingkat ke akuratan hasil pencarian atau biasa digunakan juga sebagai indicator ke populeran website yang bersangkutan.