Akuntansi adalah salah satu ilmu yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, karena banyak masyarakat yang membutuhkanya. dari itulah SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten membuka jurusan akuntansi untuk menjadikan generasi muda yang siap terjun menjadi seorang akuntan yang profesional, bertaqwa serta berakhlak mulia.

Ilmu akuntansi merupakan bagian dari ilmu ekonomi, artinya sama- sama bertujuan untuk memperoleh kesejahteraan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Akuntansi sering di gunakan dalam perusahaan, badan, atau organisasi.
Kata akuntansi berasal dari kata bahasa inggris yaitu to account, artinya memperhitungkan atau mempertanggung jawabkan. Supaya kondisi keuangan tersebut dapat di amati, dan di kendalikan dengan baik, maka di adakan nya proses pencatatan, sistem pencatatan dalam kondisi keuangan tersebut kita kenal dengan istilah akuntansi. Pengertian akuntansi adalah proses pencatatan, penggolongan dan peringkasan yang tepat dari informasi ekonomi, yang di nyatakan dalam bentuk transaksi- transaksi keuangan kemudian hasilnya di tafsirkan atau di interprestasikan sebagai dasar pertimbangan atau pengambilan keputusan para pemakai intern dan eksteren. Akuntansi juga di sebut sebagai suatu seni karena akuntansi di olah dan dirancang dengan cara khusus yang terpola dan mempunyai nilai ke indahan. Proses akuntansi menghasilkan informasi dalam bentuk laporan keuangan yang menjelaskan kondisi laporan keuangan perusahaan ke pada pihak pihak yg membutuhkan laporan tersebut untuk segala jenis kegiatan juga untuk menentukan keputusan. Akuntansi juga di rancang supaya hasilnya dapat di nikmati oleh pihak- pihak yg berkepentingan. Tujuan utama akuntansi adalah menghasilkan informasi, sehingga akuntansi menjadi sebuah alat informasi dan komunikasi.
Misalnya saja: ada sebuah toko buku, hari ini ada seorang pengunjung yang datang dan membeli sebuah buku kemudian atas pembelian buku tersebut toko buku tersebut mencatatnya berdasarkan bukti transaksi berupa nota. Nah setiap transaksi yang ada pada bulan itu di catat untuk di buat laporan keuangannya.
Akuntansi penting karena menyajikan laporan keuangan, kegunaan informasi akuntansi :

  • Membuat perencanaan yang efektif, mengadakan pengawasan serta pengambilan keputusan ekonomi yang tepat oleh manajemen.

  • Pertanggungjawaban kepada para investor, kreditor, pemerintah dan sebagainya.

Dilihat dari sisi pengguna jasa maka akuntansi adalah sebagai penyedia informasi, akuntansi pun sering di sebut pula bahasa bisnis (business language). Atau lebih tepatnya di sebut sebagai bahasa pengambilan keputusan, artinya semakin seseorang menguasai bahasa ini(akuntansi) maka akan semakin baik pula orang tersebut dalam menangani berbagai aspek keuangan.
Adapun pengertian akuntansi di tinjau dari sudut pandang pengguna jasa akuntansi adalah : suatu aktifitas jasa yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan/ transaksi yang bersifat keuangan (financial).